music indonesia
source: sumsel.tribunnews.com

Evolusi Musik Indonesia dari Dulu hingga Sekarang

Berbicara tentang musik, tentu ada perbedaan di setiap zaman. Ada lebih banyak genre musik di era modern daripada di masa lalu, apalagi dengan bantuan teknologi yang berkembang sangat cepat. Melihat perkembangan musik kuno di Indonesia yang jumlahnya tidak banyak namun dari waktu ke waktu dengan digandrungi oleh berbagai kondisi, sosial dan politik di masa lalu, dapat mempengaruhi warna musik Indonesia.

Genre musik pada zaman dahulu di Indonesia adalah Orkes Keroncong yang dibawakan oleh budaya Tionghoa pada abad ke-20 dan kemudian Lenso pada tahun 1964, Psychedelic Rock pada Masa Orde Lama dan Creative Pop pada tahun 1980-an. Dimulai pada dekade berikutnya, genre musik dipercepat. Munculnya pop dan munculnya genre baru, seperti musik elektronik atau musik yang dibuat melalui teknologi komputer dan masuknya budaya Barat seperti Electo Dance Music, Trap, Dubstep, Tropical & musik dansa progresif yang telah lama disukai oleh banyak anak muda. masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Salah satu musisi legendaris Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagunya di tahun 1970-an seperti Bujangan, Muda-Mudi dan Back to Jakarta, khususnya Koesroyo Koeswoyo, bassis dan backing vocal Koes Plus dan Koes Brothers. Lagu-lagunya masih populer dan masih banyak didengar orang di seluruh Indonesia, dan 24 album telah dirilis.
Dia menjawab: “Pada zaman dahulu orang memainkan musik, bukan musik, orang yang memainkannya tidak memainkan musik.” Kita harus bersaing untuk menunjukkan kemampuan kita dalam bermusik karena di era digital ini siapa saja bisa menghasilkan musik. Tetapi dengan ini dikatakan, tidak ada nada spiritual karena bukan kita yang memainkan alat musik itu.

Tentu saja, musik di masa lalu dan saat ini telah berkembang mengikuti tren ini. Pada zaman dahulu, orang ingin memainkan musik dengan sangat keras karena alat musik yang digunakan masih seadanya. Namun di era modern ini, bermain musik menjadi sangat mudah dan siapa saja dapat membuat dan memainkan musik, apalagi dengan bantuan kemajuan teknologi yang berkembang setiap tahun.

Berita Menarik:   Digital di Indonesia

Kemajuan teknologi mempengaruhi musik, karena dengan teknologi modern menjadi lebih mudah bagi manusia untuk dapat berkarya khususnya dalam bidang musik. Dengan komputer, perekam mikrofon, dan sedikit seni, orang tidak perlu berpikir dua kali untuk membuat ketukan berdasarkan genre yang mereka sukai.

Tidak hanya itu, dengan teknologi saat ini, perusahaan musik berlomba-lomba membuat software pembuat musik seperti Fruit Loops Studio, Sony Acid, Ableton dll. Dengan berbagai fitur yang mereka kembangkan untuk memudahkan pengguna belajar secara individu maupun kelompok, sangat beruntung bagi mereka yang tidak bisa memainkan dan memegang alat musik seperti gitar, drum, saksofon, biola, dll. Mereka hanya perlu mengetuk keyboard untuk mengetik not dan ritme musik dengan bantuan imajinasi mereka.

Musisi Indonesia mulai mengikuti tren ini dan bahkan menjadi salah satu materi edukasi. Sekarang ini semakin banyak jenis software musik untuk recording, maker editing, dan effect. Jadi tidak ada salahnya kita mempelajarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.